Monday, May 28, 2018

cara membersihkan karburator motor sendiri dengan benar



CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR YANG BENAR




seperti yang kita ketahui bahwa kendaraan bernotor sudah menjadi bagian hidup di kalangan masyarakat, sebagai pengendara kita harus mengetahui masalah masalah yang ada pada kendaraan kita.

dan pada kesempaan ini saya akan memberikan solusinya. semoga bermanfaat ya

sebagai pemilik kendaraan bermotor pastinya kita harus mengetahui caya membersihkan karburator yang benar bukan, karena karburator merupakan alat pencampur bahan bakar dan udara yag akan di salurkan ke ruang bakar. akan tetapi jika karburaor jarang di bersihkan maka kendarasan kita akan tersendat sendat. nah di artikel kali ini kita akan mempelajari cara membersihkan karburator dengan benar.




sebelum kita mulai, saya akan menjelaskan sekilas tentang penyebab karburator kotor. karena sangatlah penting jika kia mengetahui penyebab penyebabnya , jika kita sudah mengetahuinya maka akan sangat memudahkan kita untuk mengantisipasinya.



penyebab karburator kotor

1. terlalu banyak kotoran pada klep motor,  tumpukan kotoran yang mengendap dan jarang           dibersihkan ini akan menyebabkan klep tidak bisa tertarik dengan maksimal alias seret         ketika pengguna motor menarik tuas gas. Sehingga akan mengakibatkan pasokan bahan     bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran pun juga tidak menjadi maksimal. Nah,             apabila Anda menemui gejala seperti itu maka Anda pun juga harus selalu lebih waspada     dan berhati-hati dalam membersihkan kotoran yang ada. Sebab, jika proses pembersihan     pada klep ini tidak tepat maka posisi pegas pun justru akan tergeser. 

2. Kebocoran pada membranPerlu diketahui terlebih dahulu bahwa piranti membran ini merupakan salah satu komponen yang berbahan karet yang terletak di bagian karburator vakum dan memiliki peran sangat penting. Sehingga, wajar jika semua produsen motor pun telah melarang keras untuk membuka piranti membran yang satu ini. Namun, terkadang membran ini mengalami kebocoran yang umumnya dikarenakan terlalu sering mengotak atik bagian karburator dan tidak berhati-hati. Selain itu, pemasangan membran yang salah pun bisa menjadikan piranti ini menjadi bocor sehingga akan berpengaruh pada karburator mesin. Bahkan, karena terkena zat kimia pun bisa membuat membran menjadi keras sehingga akan membuat lubang venturi tidak bisa terbuka secara maksimal. Tentu, hal yang satu ini harus diperhatikan karena efek dampaknya sangat besar.

3. hilangnya kelenturan pegasMasalah menurunnya tingkat kelenturan yang terjadi pada         pegas yang satu ini memang bisa dibilang sangat sering ditemukan. Umumnya, hal              tersebut disebabkan seiring dengan bertambahnya usia pemakaian atau pun karena salah    perlakuan, seperti terlalu sering mengotak-atik karburator maupun bongkar pasang secara    tidak tepat. Sehingga, akan memudahkan kotoran masuk.

dan saya sarankan jangan terlalu sering mengotak atik karburator, karena dengan terlalu sering kita mengotak atiknya takutnya posisi karburator tidak sesuai dengan posisi awal, sehingga akan menyebabkan masuknya kotoran pada karburator.






oke langsung saja kita mulai cara membersihkan karburator yang benar :

1. lepas karburator dari manifold ( dudukan ), saya sarankan untuk berhati hati dan perhatikan dalam melepas karburaor tersebut supaya lebih mudah dalam memasangnya kembali.

2. lepaskan juga saringan udara, ssaringan udara juga sangat berperan penting bagi kebersihan karburator, bersihkan filter udara dari kotoran/debu, disarankan untuk menggunakan carian khusus untuk membersihkan nya, jika sudah di bersihkan lalu diamkan dan tunggu sampai benar benar kering.

3. buka mangkuk karburator, lepas seluruh baut pengaitnya kemudian cek apakah ada kotoran yang mengendap atau pun menempel. Periksa juga apakah bagian ini juga terkontaminasi dengan air. Jika memang ada kotoran maka bersihkan bagian ini dengan menggunakan kuas kecil yang lembut. Kemudian, jika dirasa sudah bersih maka bilaslah dengan bensin dan jangan menggunakan air. Bahkan, untuk membersihkan kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan semprotan udara bertekanan tinggi supaya kerak maupun kotoran bandel yang menempel ikut terlepas.

4. bersihkan pilot jet, main jet, dan needle jet,  Anda perlu melepasnya satu per satu dengan hati-hati lalu segera bersihkan supaya karburator bisa bekerja kembali. Cara membersihkan karburator dengan pembersihan pilot jet, main jet, dan needle jet ini pun bisa Anda lakukan dengan menggunakan kompresor agar proses pembersihannya menjadi lebih maksimal.

5. bersihkan spuyer karburator, ada bagian ini, bisa dibilang cukup penting untuk dibersihkan karena nantinya sangat berpengaruh pada kinerja mesin pada motor Anda. Nah, untuk proses pembersihannya juga terbilang mudah. Sebab, Anda bisa dengan menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Yang perlu diperhatikan yaitu ketika dalam proses membersihkan, Anda harus benar-benar berhati-hati supaya tak merubah ukuran dari diameter spuyer kompresor. Sebab, apabila cara membersihkan karburator yang satu ini salah dan spuyer kompresor ini mengalami perubahan pada ukuran diameternya maka akan sangat dimungkinkan mesin motor Anda tidak bisa dihidupkan. Tentunya, hal ini justru sangat fatal jika tak dilakukan secara hati-hati. Maka dari itu, kehati-hatian dan ketelitian ketika menginjak proses ini mutlak diperlukan agar penerapan cara ini menjadi lebih maksimal.

6. nah setelah semuanya dibersihkan kita lanjut ke tahap terakhir, yaitu perakitan atau pemasangan kembali pasang bagian bagian yang telah anda lepas tadi satu persatu, langkahnya persis seperti melepaskan nya tadi, cuma anda harus memulainya dari bagian terakhir hingga bagian awal anda memulai nya. 


dan saya ingatkan lagi jika anda baru perama kali membersihkan karburator cobalah untuk selalu mengingat komponen komponen serta posisi nya, serta berhati hatilah dalam mengerjakan langkah demi langkahnya. tidaklah sulit untuk mempelajari sesuatu, tergantung pada diri kita sendiri mau atau tidak untuk mempelajari nya, karna pada dasarnya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi kita masih mau berusaha dan mencoba.


oke sampai di sini dulu penjelasan saya, kurang lebihnya saya mohon maaf, karena saya juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. hehe
baca juga cara membersihkan karburator motor dengan benar karena saya juga dapat banyak informasi dari sini, makasih info nya buat mas mas nya ya. hehe

No comments:

Post a Comment

Cara mengganti rantai api/rantai geteng Sendiri

CARA MENGGANTI RANTAI API/RANTAI KETANG SENDIRI  Kali ini saya akan menerangkan langkah langkah cara mengganti ketang rantai sendiri. ...