Wednesday, May 30, 2018

Cara mengganti rantai api/rantai geteng Sendiri


CARA MENGGANTI RANTAI API/RANTAI KETANG SENDIRI 



Kali ini saya akan menerangkan langkah langkah cara mengganti ketang rantai sendiri.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika mesin motor anda terdengar sangat berisik mungkin rantai ketang mesin anda sudah kendor atau memuai. Cara yang jitu untuk mengatasinya adalah dengan mengganti rantai getenng tersebut.

Nah sebelum lanjut ke langkah langkahnya saya akan membahas sedikit tentang rantai ketang.

Fungsi rantai ketang

Seperti hal nya rantai pada roda kendaraan kita, pada dasarnya rantai merupakan salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke bagian bagian tertentu,  jika rantai yang ada pada roda adalah penghubung putaran mesin yang terletak pada as transmisi dan di teruskan ke roda yang tentunya ada gear sebagai tempat rantai berputar.

Berbeda dengantai rantai ketang, rantai ketang di pasang di bagian dalam mesin tepatnya sebelah kiri mesin, dan putaran yang dihasilkan mesin pada saat kita stater mesin nya akan di teruskan ke bagian atas mesin ( head cylinder ), lebih tepatnya di noken as yang di pasang gear,  akibat pemasangan gear rantai ketang pada noken as maka ptomatis noken as akan berputar dan bonjolan bonjolan yang ada pada noken as akan menekan klep secara bergantian,  maka yang terjadi adalah proses hisap dan buang pada mesin.


Oke langsung saja kita mulai langkah langkahnya ya

1. Melepas bak kiri atau bak magnit

2. Setelah melepas bak magnit, lepaskan mur yang ada di magnit, setelah itu lepaskan magnit menggunakan traker magnit.

3. Nah setelah itu lepaskan juga pin yang ada di as magnit yang berbentuk setengah lingkaran, cara melepaskan nya bisa juga dengan memahat nya dengan obeng min (-) dan ketuk secara perlahan.

4. Jika motor yang anda kerjakan adalah model supra X, maka lepaskan juga rantai stater nya, jangan lupa untuk membuka pin yang ada pada bagian atas rantai tersebut.

5. Selanjutnya buka tutup rantai ketang tersebut,  jika anda sudah sampai pada langkah ini barulah terlihat rantai ketang nya.

6. Lalu buka juga tutup rantai ketang pada head silinder, caranya dengan melepaskan baut 10mm yang ada pada bagian kanan mesin, tepatnya berada dekat busi.

7. Kemudian lepaskan gear rantai ketang.

8. Buka seruling rantai ketang yang berada di bawah mesin, menggunakan kunci 14mm.

9. Lepaskan juga roler yang berada di block silinder menggunakan kunci 10mm.

10. Lepaskan juga roler yang ada di bagian atas rantai ketang, tepatnya di bagian mesin yang anda buka di bagian magnit tadi.

11. Nah setelah itu barulah bisa kita melepaskan rantai ketang tersebut.

12. Setelah itu pasang rantai ketang yang baru.

Saya sarankan untuk memasang komponen komponen yang ada di bagian magnit terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk mengingat tempat" dari komponen yang anda lepas tadi.

Setelah semua terpasang, posisikan piston anda pada posisi TOP/TMA (Titik Mati Atas). Carana dengan memutar magnit dengan berlawanan arah jarum jam dan posisikan tanda T yang ada pada magnit dengan garis yang ada pada lubang kecil di bak magnit.

Setelah itu posisikan klep pada kondisi free(bebas), dalam arti noken as tidak menekan klep,  carana dengan memutar noken as sampai dalam keadaan tidak melekat atau mudah di putar, periksa juga klep dengan cara menggoyangkan kedua klep tersebut,  jika klep bisa di goyang ke kiri kanan dan atas bawah berarti noken as dalam keadaan free.

Setelah itu barulah langkah selanjutnya,  yaitu dengan memasang gear rantai ketang.  Pastikan titik yang ada pada rantai ketang segaris dengan coakan yang ada pada head silinder.  Setelah itu tutup kembali penutup rantai ketang tersebut,
Dan saya ingatkan lagi,  sebelum itu jangan lupa untuk memasang roler pada blok silinder. Karena sangat wajib dalam pemasangan roler tersebut.



Oke mungkin sampai disini dulu penjelasan saya tentang cara mengganti rantai ketang, selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat.




No comments:

Post a Comment

Cara mengganti rantai api/rantai geteng Sendiri

CARA MENGGANTI RANTAI API/RANTAI KETANG SENDIRI  Kali ini saya akan menerangkan langkah langkah cara mengganti ketang rantai sendiri. ...