MOTOR ANDA MOGOK? KETAHUI 3 HAL INI!!!
Dalam artikel saya kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang hal-hal yang harus anda perhatikan pada kendaraan anda.
Sebelum mulai, kita akan membahas tentang dasar mesin terlebih dahulu.
Istilah pada mesin
1. TMA ( Titil Mati Atas), yaitu batas atas
pergerakan piston.
2. TMB ( Titik Mati Bawah), yaitu batas bawah pergerakan piston.
3. STROKE ( langkah) yaitu langkah pergerakan piston dari TMA ke TMB.
Nah selanjutnya kita harus tau bagian-bagian penting syarat hidup nya kendaraan bermotor kita.
1. PENGAPIAN
langkah pertama yang harus kita periksa adalah pengapian, tepatnya di busi. Buka busi motor anda dari dudukan nya dan periksa apakah ada percikan api atau tidak, jika percikan apinya berwarna merah berarti busi nya BAD/tidak layak pakai dan harus di ganti, Jika tidak ada percikan api kita lanjut memeriksa CDI, jika masih tidak ada aliran listrik lanjut periksa spoel nya.
2. BAHAN BAKAR
Jika pengapian motor anda bagus hal kedua yang harus di periksa adalah bahan bakar pada tangki bahan bakar kendaraan bermotor kita, jika masih ada berarti kita beralih ke karburator, periksa karburator anda apakah dalam kondisi normal atau tidak. Kita bisa mengetahuinya dengan membongkar karburator dan membersihkan bagian dalam nya.
Sedikit pembahasan :
Bahan bakar adalah salah satu syarat yang harus di penuhi pada kendaran bermotor, nah karburator atau yang sudah banyak di kenal sekarang sistem injeksi. Karburator dan injeksi merupakan dua alat yang mempunyai fungsi yang sama, fungsi dari karburator berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dan udara yang menghasilkan uap/ gas yang akan di hantar ke ruang bakar.
3. KOMPRESI
kalau pengapian dan bahan bakar sudah oke dan motor anda belum nyala, berarti motor anda bocor kompresi. Bocor kompresi biasanya ada di celah antara block silinder dan head silinder, dan kebocoran pada payung klep.
Nah itu dia sedikit informasi dari saya, semoga dapat membantu teman-teman semua dan semoga berhasil.
DASAR-DASA
ADASAR-D 1. ISTILAH PADA MESIN
TMA : titik mati atas (TDC : top dead center) yaitu batas pergerakan piston paling atas
TMB : titik mati bawah (BDC : bottom dead center) yaitu batas pergarakan piston paling bawah
S : STROKE (L: langkah) yaitu langkah pergerakan piston dari TMA ke TMB/ sebaliknyaASAR MESIN
ASAL MULA TENAGA
Tenaga ynag kita butuhkan untuk melakukan proses kegiatan diperoleh dari tenaga panas/kalori yang dikandung dalam maknan, yang kita makan setiap hari. demikian pula kendaraan dijalan memerlukan daya untuk melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan hambatan lainya.
Tenaga atau daya untuk menggerakan kendaraan tersebut dari panas hasil pembakaran bahan bakar. jadi panas yang timbul karena pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakan kendaraan. alat untuk membangkitkan tenaga ini disebut penggerak utama.
umumnya penggerak utama ini lazim disebut dengan mesin yang dapat merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanis (gerak).SAL MULA TENAGA
Tenaga ynag kita butuhkan untuk melakukan proses kegiatan diperoleh dari tenaga panas/kalori yang dikandung dalam maknan, yang kita makan setiap hari. demikian pula kendaraan dijalan memerlukan daya untuk melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan hambatan lainya.
Tenaga atau daya untuk menggerakan kendaraan tersebut dari panas hasil pembakaran bahan bakar. jadi panas yang timbul karena pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakan kendaraan. alat untuk membangkitkan tenaga ini disebut penggerak utama.
umumnya penggerak utama ini lazim disebut dengan mesin yang dapat merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanis (gerak).
DASADASAR-DASAR MESIN
ASAL MULA TENAGA
Tenaga ynag kita butuhkan untuk melakukan proses kegiatan diperoleh dari tenaga panas/kalori yang dikandung dalam maknan, yang kita makan setiap hari. demikian pula kendaraan dijalan memerlukan daya untuk melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan hambatan lainya.
Tenaga atau daya untuk menggerakan kendaraan tersebut dari panas hasil pembakaran bahan bakar. jadi panas yang timbul karena pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakan kendaraan. alat untuk membangkitkan tenaga ini disebut penggerak utama.
umumnya penggerak utama ini lazim disebut dengan mesin yang dapat merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanis (gerak). R-DASAR MESIN
ASAL MULA TENAGA
Tenaga ynag kita butuhkan untuk melakukan proses kegiatan diperoleh dari tenaga panas/kalori yang dikandung dalam maknan, yang kita makan setiap hari. demikian pula kendaraan dijalan memerlukan daya untuk melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan hambatan lainya.
Tenaga atau daya untuk menggerakan kendaraan tersebut dari panas hasil pembakaran bahan bakar. jadi panas yang timbul karena pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakan kendaraan. alat untuk membangkitkan tenaga ini disebut penggerak utama.
umumnya penggerak utama ini lazim disebut dengan mesin yang dapat panas menjadi tenaga mekanis (gerak).
No comments:
Post a Comment